phyton s60 | aplikasi gratis | puisi |otomotif

Artikel menarik lain

PENGUNJUNG YANG MULIA (^_^) FOLLOW AKU YA

Rabu, 01 Desember 2010

RUMAH MUNGIL YANG SEHAT

Rumah adalah bagian dari kehidupan kita yang tidak dapat terpisahkan, dan dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Dengan kata lain jika kita hidup dirumah dan lingkungan yang kumuh pasti akan mudah terserang penyakit, begitu juga jika kita hidup dirumah dan lingkungan yang bersih dan sehat pasti penyakit menjauh dari kehidupan kita.

Dizaman modern sekarang ini kualitas hidup kadang terabaikan terutama dikota besar yang sangat ramai dan padat penduduknya, rumah kecil berhimpit himpitan dan cenderung kumuh. Rumah mungil yang sehat bisa menjadi solusi bagi kita yang hidup dizaman serba modern dan selalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan jarang sekali punya waktu untuk merawat rumah tersebut.

Rumah mungil yang sehat mempunyai keuntungan bagi kita selain biaya pembangunan yang cenderung lebih murah namun juga biaya perawatan yang lebih hemat pula, karena kita hanya memerlukan sedikit waktu saja untuk membersihkannya. Rumah mungil yang sehat mungkin bukan rumah idaman bagi kita , kita mungkin mengidamkan rumah mewah dengan segala fasilitasnya, namun ini bisa menjadi solusi bagi kita yang hidup dizaman serba modern dan  serba simple. Rumah mungil bukan berarti rumah kumuh, Rumah mungil juga berarti rumah sehat tergantung kita mendesignnya seperti apa dan bagaiman kita merawatnya.
Berikut syarat syarat rumah sehat antara lain :
  • Pencahayaan. Pencahayaan yang dimaksud disini adalah penyinaran sinar matahari yang masuk kerumah kita, dengan banyaknya sinar matahari yang masuk rumah kita menjadi terang dan tidak pengap. Untuk itu rumah perlu dipasang jendela kaca agar cahaya matahari dapat langsung masuk kedalam rumah.
  • Ventilasi / sirkulasi udara. Udara adalah faktor yang sangat penting semakin lancar sirkulasi udara yang keluar masuk semakin baik kualitas udara yang ada diruangan. Maka didalam rumah sehat perlu dibuat ventilasi diatas jendela atau juga dapat menggunakan blower yang dipasang di atap rumah. Anda dapat juga membuat taman kecil dihalaman untuk menyuplai oksigen di dalam rumah, atau dapat juga memelihara tanaman didalam pot dan dimasukkan kedalam ruangan.
  • Air bersih, air merupakan kebutuhan pokok bagi kita, jika tidak terdapat air bersih bagaimana kita bisa hidup sehat, selain dibutuhkan untuk memasak, mencuci, mandi, air juga sangat dibutuhkan untuk bersih bersih misalnya mengepel dan lain lain. Jika dikota besar kita tidak mungkin membuat sumur sendiri karena kemungkinan air sudah tercemar, namun anda bisa memanfaatkan air dari pdam untuk memenuhi kebutuhan air anda. Lain halnya jika didesa kita bisa membuat sumur timba dan pompa air untuk mengalirkan air ke bak mandi.
  • Fasilitas MCK, Fasilitas mck sangat diperlukan,bagaimana tercipta rumah yang sehat jika fasilitas mck tidak dipenuhi. Jika fasilitas mck tidak terpenuhi kita akan kebingungan mau dimana kita buang hajat, jadi walaupun rumah mungil namun fasilitas mck tidak boleh terabaikan. Hal ini lebih baik daripada kita harus mengantri untuk mandi ditempat pemandian umum.
  • Penataan ruang, Penataan ruang juga penting guna terciptanya rumah mungil yang sehat. Misalnya kita dapat mengatur ruang makan kita jauh dari fasilitas mck, karena mungkin bau dari tempat mck akan masuk keruang makan jika ruangnya berdekatan yang tentunya akan mengganggu selera makan kita.
  • Pengatur suhu ruangan, di negri kita yang tropis cenderung panas walaupun dimalah hari terutama dikota besar yang udaranya mulai tercemar. Oleh karena itu perlu dipasang pengatur suhu ruangan misalnya AC dikamar tidur anda, atau dapat juga menggunakan kipas angin sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Tempat sampah, sampah yang tidak dikelola secar baik akan menjadi sumber berbagai macam penyakit, oleh karena itu tempat sampah sangat diperlukan. Tempat sampah dapat diletakkan dihalaman rumah dan pilihlah tempat sampah yang tertutup agar baunya tidak menyebar. Anda juga dapat memisah sampah menjadi dua yaitu organik dan anorganik dan sampah tersebut ditempatkan di tempat sampah masing-masing sesuai jenisnya.
Dengan terpenuhinya semua fasilitas diatas maka akan tercipta rumah mungil yang sehat, namun tidak selesai sampai disini kita perlu merawatnya setiap hari agar lalat dan kecoa tidak betah dirumah kita, karena mereka cenderung  suka dengan rumah yang  kotor. Rumahku adalah syurgaku didunia so buatlah senyaman mungkin,dan sesehat mungkin.



Untuk informasi lengkap dan sumber inspirasi membangun rumah impian anda dapat mengunjungi situs iDEA Online
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

HITSTAT

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BTemplates.com

akses via ponsel

FeedBurner FeedCount


ShoutMix chat widget

Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik disini

STATISTIK

ALEXA